Silabus IPS Kurikulum 2013 Revisi 2016 SMP Kelas VII
Silabus IPS SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016. Selamat malam, pada kesempatan ini kembali lagi saya membagikan silabus kurikulum 2013 khususnya silabus IPS revisi 2016 terbaru setelah beberapa bulan yang lalu saya share artikel yang berjudul RPP IPS Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas VII.
Dengan adanya silabus revisi 2016 kurikulum 2013 ini, anda lebih muda menyusun rpp ips kurikulum 2013 kelas vii. Mengingat pemerintah hanya mengeluarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum 2013 IPS kelas vii yakni sesuai dengan permendikbud no.24 tahun 2016.
Pada silabus revisi 2016 yang kami bagikan adalah versi final dimana pada silabus revisi sebelumnya masih draft dan sudah kami revisi sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar IPS kelas vii yang sudah resmi dikeluarkan oleh pemerintah yakni sesuai dengan Permendikbud No.24 Tahun 2016.
Kunjungi penyedia RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Baik, langsung saja anda pelajari silabus ips revisi 2016 kurikulum 2013 smp kelas vii di bawah ini :
Terima kasih anda sudah berkunjung pada halaman download silabus ips revisi 2016 kurikulum 2013.
Silabus IPS Kurikulum 2013 Revisi 2016 SMP Kelas VII |
Pada silabus revisi 2016 yang kami bagikan adalah versi final dimana pada silabus revisi sebelumnya masih draft dan sudah kami revisi sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar IPS kelas vii yang sudah resmi dikeluarkan oleh pemerintah yakni sesuai dengan Permendikbud No.24 Tahun 2016.
Kunjungi penyedia RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Baik, langsung saja anda pelajari silabus ips revisi 2016 kurikulum 2013 smp kelas vii di bawah ini :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
· Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
· Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
· Sumber Daya Manusia
- jumlah, sebaran, dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik (aspek-aspek budaya
· Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
· Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
|
· Mengamatipeta kondisi geografi di Indonesia
· Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Indonesia
· Membandingkan data kependudukan (sebaran dan pertumbuhan) berdasarkan tahun
· Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.
· Menganalisis dampak positif dan negative interaksi ruang
· Mengidentifikasi masalah akibat interaksi antarruang
· mencari solusi terhadap dampak interaksi antarruang
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya.
|
· Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi).
· Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik.
· Lembaga sosial: pengertian, jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik).
|
· Mengamati interaksi sosial masyarakat perdesaan dan perkotaan
· Mengamati factor-faktor yang mempengaruhi bentuk interaksi sosial berdasar lembaga yang ada di masyarakat
· Menyajikan data hasil analisis interaksi sosial menurut bentuknya di perdesaan dan perkotaan
|
3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
|
· Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi).
· Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek.
· Permintaan, penawaran, harga, dan pasar.
· Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.
· Hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.
|
· Membuat daftar kebutuhan dan kelangkaan barang dalam keluarga
· Mengumpulkan data berbagai kegiatan ekonomi di perdesaan dan perkotaan
· Menganalisis pengaruh teknologi internet terhadap penawaran dan pemintaan
|
3.4 Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
4.4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
· Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis.
· Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha secara kronologis.
· Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis.
|
· Mengomunikasikan hasil identifikasi karakteristik manusia praaksara
· Membandingkan karakteriktik kehidupan masa Hindu-Buddha, dan masa Islam.
· Menyajikan hasil analisis perubahan dan kesinambungan kehidupan bangsa Indonesiapada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
|
Belum ada Komentar untuk "Silabus IPS Kurikulum 2013 Revisi 2016 SMP Kelas VII"
Posting Komentar
Mohon memberikan komentar yang bersifat membangun. Terima kasih!